BAGAIMANA PANDANGAN KALIAN TENTANG LATTA, UZZA, MANAT

بسم الله الرحمن الرحيم

قال الله تعالى (أفرأيتم اللات و العزى و مناة الثالثة الأخرى) النجم 19,20

(Bagaimana pandangan kalian tentang latta,uzza dan manat).

pada ayat ini ada kalimat yang dibuang, yang maknanya adalah bagaimana pandangan kalian terhadap latta,uzza dan manat apakah mereka mampu memberikan manfaat dan mudhorot sehingga mereka layak jadi sekutu Allah.
demikian yang dijelaskan imam Qurtuby dalam tafsirnya.

Adapun latta :
Jumhur membaca dengan tasydid pd hurup ta maka maknanya adalah seseorang yg mengadon roti untuk di bagikan pada jama’ah haji,setelah dia meninggal mereka i’tikaf dikuburannya.
       adapun ibnu abbas dan yg lain membaca dengan takhfif hurup ta (laata),maka maknanya Batu putih berukir diatasnya ada rumah.
latta merupakan berhala milik penduduk thoif saat itu dari kalangan bani tsaqif.pada saat fathu makkah rosul merintahkan Al Mughiroh bin Syukbah untuk menghancurkannya.

Adapun uzza merupakan pohon yg dibangun rumah diatasnya dan diberikan tirai2,berhala ini terletak dilembah nakhlah, uzza berupakan berhala kebanggaan orang makkah dari suku quraisy.
Namun pada hakikatnya uzza adalah dukun wanita yg berkedok pohon keramat hal itu disebutkan dlm riwayat An Nasai’ dengan sanad hasan: ketika Rosul memerintahkan Kholid bin Al Walid menghancurkan uzza maka beliau bergegas menghancurkannya,dan kembali menemui Rosul.setelah beliau melaporkan keberhasilannya, ternyata Rosul memerintahkan beliau untuk kembali, maka beliau kembali kesana, sesampai disana beliau melihat seorang wanita berambut panjang tidak berbusana sedang menaburkan pasir diatas kepalanya, maka para juru kunci berteriak “wahai uzza Kholid telah datang!” Kholid pun bergagas mengejarnya dan berhasil memenggal kepalanya.setalah itu beliau menemui Rosul untuk laporan, maka Rosul menyatakan : “Itulah uzza.”

Adapun manat adalah patung berhala yg terletak di qudaid antara makkah dan madinah dan manat merupakan berhala kebanggaan suku khozroj, aus dan khuza’ah.                      Disadur dari fathul majiid .

Faidah dari
Ustadz Abu Sufyan Al Musy Gresik

والحمد لله تتم به الصالحات.

Sumber
WhatsApp Salafy Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s